Alat Pemotong Kentang Dadu Slicer Pemotong Buah Sayur Serbaguna

  • News

    @perabot.modern

    Penggorengan udara tanpa Minyak Anti Lengket

    ♬ suara asli - samsulhadi

    Pusat Kejadian Gempabumi Tanggal 13 Oktober 2018 Di Tenggara Bitung


    Tanggapan terjadinya gempabumi di Tenggara Bitung, Sulawesi Utara, berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG, dan GFZ serta hasil Analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sebagai berikut:
     
    I. Informasi Gempa Bumi
    Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu  tanggal 13 Oktober  2018, pukul 11:34:16 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG pusat   gempabumi berada pada koordinat 1.36° LU dan 125.46° BT, dengan magnitudo 5.6 SR pada kedalaman 97 Km, berjarak 38, menurut GFZ gempabumi berada pada koordinat 1.42° LU dan 125.47° BT, dengan magnitudo 5,2 SR pada kedalaman 123 km
    II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi
    Pusat gempa bumi berada di laut. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi, sebagian besar tersusun oleh endapan Aluvium berumur Kuarter, dan endapan sedimen Tersier. Pada daerah yang disusun oleh endapan aluvium, dan endapan sedimen Tersier yang terlapukkan diperkirakan goncangan gempa bumi akan lebih kuat karena batuan ini bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rentan terhadap goncangan gempa bumi.
     
    III. Dampak gempa bumi
    Gempa bumi dirasakan Tomohon Skala MMI I, Menado Skala MMI II - III dan di Pos G. Soputan Skala MMI II.Sampai tanggapan ini dibuat belum ada laporan mengenai adanya korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat goncangan gempa bumi ini.Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, karena walaupun pusat gempa bumi berada di laut, tetapi diperkirakan tidak terjadi dislokasi dasar laut.

    IV. Penyebab gempa bumi
    Berdasarkan kedalaman pusatnya, gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas zona subduksi  Punggungan mayu sebelah timur pulau Sulawesi

    V. Rekomendasi
    • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD.
    • Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.
    • Sumber: www.vsi.esdm.go.id

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad

    ad728