Alat Pemotong Kentang Dadu Slicer Pemotong Buah Sayur Serbaguna

  • News

    @perabot.modern

    Penggorengan udara tanpa Minyak Anti Lengket

    ♬ suara asli - samsulhadi

    PVMBG: Tanggapan Gempa Bumi Di Perairan Utara Situbondo, 11 Oktober 2018

    Photo: vsi.esdm.go.id

    I. Informasi gempa bumi
    Gempa bumi terjadi pada hari Kamis, 11 Oktober 2018 pukul 01:44 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi berada pada koordinat  7,42°LS dan 114,57°BT (61 km sebelah timurlaut Situbindo, Jawa Timur), dengan kekuatan M 6,4 pada kedalaman 10 km. Berdasarkan informasi dari GeoForschungsZentrum (GFZ) Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,49°LS dan 114,46°BT, dengan magnitudo 6,0 Mw dan kedalaman 10 km. The United States Geological Survey , Amerika Serikat melaporkan bahwa pusat gempa bumi berada pada koordinat 7,449°LS dan 114,443°BT, dengan magnitudo M 6,0 dan kedalaman 10 km.

    II. Kondisi geologi daerah terdampak gempa bumi
    Pusat gempa bumi berada di laut, di perariran utara Situbondo, Jawa Timur. Daerah yang terdekat dengan pusat gempa bumi umumnya disusun oleh batuan vulkanik berumur Tersier hingga Kuarter. Guncangan gempa bumi akan terasa lebih kuat di daerah yang disusun oleh batuan gunungapi berumur Kuarter dan batuan berumur Tersier yang telah mengalami pelapukan kuat karena bersifat urai dan mengamplifikasi guncangan gempa bumi.

    III. Penyebab gempa bumi
    Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya yang dangkal, gempa bumi ini di sebabkan oleh aktifitas sesar di lokasi tersebut yang mempunyai barat-baratlaut - timur-tenggara dengan mekanisme sesar naik.
    IV. Dampak gempa bumi:
    Berdasarkan BMKG, guncangan gempa bumi ini dirasakan di Situbondo, Sumenep dan Denpasar dengan intensitas III-IV MMI (Modified Mercalli Intensity) serta di Karangkates, Gianyar, Lombok Barat, Mataram, dan Pandaan sebesar III MMI. Berdasarkan informasi dari BNPB, guncangan gempa bumi telah mengakibatkan tiga korban jiwa di Sumenep serta beberapa kerusakan di berbagai wilayah. Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi bawah laut.
    V. Rekomendasi:
    1. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
    2. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
    Sumber: vsi.esdm.go.id

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad

    ad728