Alat Pemotong Kentang Dadu Slicer Pemotong Buah Sayur Serbaguna

  • News

    @perabot.modern

    Penggorengan udara tanpa Minyak Anti Lengket

    ♬ suara asli - samsulhadi

    Tanggapan Gempabumi Di Perairan Barat Daya Pandeglang, Banten, 30 Oktober 2018




    I. Informasi Gempa bumi
     Gempa bumi terjadi pada hari Selasa, 30 Oktober 2018, pukul 04:11 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa bumi terletak pada koordinat 105,00° BT dan 6,92° LS , dengan kekuatan M 5,2 pada kedalaman 10 km, berjarak 140 km baratdaya Pandeglang, Banten. Berdasarkan GeoForschungsZentrum (GFZ), Jerman, pusat gempa bumi berada pada koordinat 105,02° BT dan 6,82° LS , dengan magnitudo 5,1 pada kedalaman 60 km. Berdasarkan The United States Geological Survey (USGS), Amerika, pusat gempa bumi berada pada koordinat 104,961° BT dan 6,870° LS , dengan kekuatan M 5,1 pada kedalaman 42,5 km.

    II. Kondisi geologi daerah terdekat pusat gempa bumi
     Pusat Gempa Bumi berlokasi di selatan Selat Sunda, wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi adalah pesisir barat Banten. Wilayah tersebut  didominasi oleh batuan Vulkanik dan sedimen berumur Kuarter. Batuan Kuarter tersebut umumnya bersifat urai, lepas, belum kompak sehingga bersifat memperkuat efek guncangan gempa bumi.

    III. Penyebab gempa bumi
     Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi berasosiasi dengan aktivitas penunjaman Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

    IV. Dampak gempa bumi
     Intensitas guncangan gempa bumi terbesar akan dirasakan di wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi, kemudian intensitasnya semakin melemah seiring bertambahnya jarak dengan pusat gempa bumi. Gunungapi terdekat dengan pusat gempa bumi adalah G. Anak Krakatau. GUncangan gempa bumi dirasakan di Pos Pengamatan G. Anak Krakatau (Pasauran, Serang, Banten) dengan intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity). Menurut BMKG, guncangan gempa bumi dirasakan di Malingping, Binuangeun, Panimbangan, Wanasalam, Kerta dan Cimandiri Laut dengan intensitas III MMI, serta di Ciputat dengan intensitas II MMI. Gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami, karena energinya tidak cukup kuat untuk menyebabkan deformasi di bawah laut. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada informasi kerusakan yang diakibatkan gempa bumi ini.

    V. Rekomendasi
    • Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
    • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.

    Sumber: vsi.esdm.go.id

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad

    ad728