Alat Pemotong Kentang Dadu Slicer Pemotong Buah Sayur Serbaguna

  • News

    @perabot.modern

    Penggorengan udara tanpa Minyak Anti Lengket

    ♬ suara asli - samsulhadi

    Tanggapan Kejadian Gempa Bumi Tanggal 14 November 2018 Di Poso, Sulawesi Tengah


    Bersama ini, kami sampaikan laporan tanggapan terjadinya gempa bumi di tenggara Poso, Sulawesi Tengah. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG dan analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, sebagai berikut:

    I. Informasi Gempa Bumi
    Gempa bumi terjadi pada hari Rabu, 14 November 2018 pukul 02:04 WIB. Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 1.72°LS dan 120.83°BT dengan magnitudo M4,6 pada kedalaman 13 km berjarak 37 Km Tenggara Poso.

    II. Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi
     Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan sedimen dan batuan malihan (batuan metamorf) berumur Pra Tersier yang membentuk lajur sesar dengan lereng curam dan kebanyakan lapuk. Batuan yang lapuk, urai, lepas, dan belum kompak (unconsolidated) dapat bersifat memperkuat guncangan gempa bumi.

    III. Dampak gempa bumi
     Gempa bumi ini dirasakan sebesar III-IV MMI ( Modified Mercalli Intensity ) di Poso. Hingga tanggapan ini dibuat belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena pusat gempa bumi berada di darat.

    IV. Penyebab gempa bumi
     Berdasarkan lokasi pusat gempa bumi dan kedalamannya, gempa bumi ini diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas sesar aktif di daerah tersebut.

    V.  Rekomendasi
    1. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari pemerintah daerah dan BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
    2. Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.

      Sumber: vsi.esdm.go.id

    Tidak ada komentar

    Post Bottom Ad

    ad728